Jumat, 23 Juni 2017

[Tutorial] Membuat Soal Essai dengan Adobe Flash


Salah satu hal menyenangkan di Flash adalah kita dapat membuat kuis. Dimana kita dapat membuat pertanyaan beserta jawabannya sesuai keinginan kita. Kuis juga sering digunakan pada pembelajaran interaktif yang berfungsi sebagai soal latihan. Kali ini kita akan membuat kuis tentang soal essay. Tutorial di bawah ini adalah tutorial yang masih dalam bentuk sederhana.
Membuat Pertanyaan dan kotak jawaban

1. Buatlah 5 daftar pertanyaan dan tulis masing-masing pertanyaan pada sebuah Static Text

2. Buatlah 5 buah Input Text dengan masing-masing Var diberi jawaban_user1, jawaban_user2, jawaban_user3, jawaban_user4, jawaban_user5 pada panel properties (tekan Ctrl+F3 unruk memunculkannya).

3. Dan juga ubah nilai Maximum characters pada masing-masing Input Text menjadi 12



Gambar letak Var dan Maximum characters





Membuat tanda benar (centang) dan salah (silang)

4. Pastikan anda tidak menyeleksi objek di stage lalu tekan Ctrl+F8, berikan benar_salah pada Name dan pilih Movie clip sebagai Typenya lalu tekan OK.

5. Anda akan masuk kedalam stage Movie clip benar_salah. Seleksi Frame 2 dan 3 lalu tekan F7. Klik Frame 1 dan tekan F9, berikan script dibawah ini pada kotak dialog yang muncul. Lakukan hal yang sama pada frame 2 dan 3

1
stop();
6. Klik Frame 2 gambarlah tanda centang di dalamnya

7. Klik Frame 3 gambarlah tanda silang didalamnya. Jika sudah tekan Ctrl+E maka anda akan kembali ke Stage Scene 1

8. Buka panel Library dengan menekan F11, drag Movie clip benar_salah ke stage.
9. Klik Movie clip benar_salah yang sudah berada di stage lalu tekan Ctrl+D sebanyak 4 kali maka Movie clip benar_salah akan menjadi 5 buah.

10. Berikan tanda1, tanda2, tanda3, tanda4, tanda5 pada masing-masing Instance Name Movie clip benar_salah.

Membuat nilai serta tombol koreksi dan reset

11. Buatlah 3 buah Static Text dan beri tulisan Nilai: , / , 5

12. Buatlah sebuah Dynamic Text dan beri Var : nilai

13. Buatlah sebuah button dengan tulisan koreksi di bagian dalam tombol. Dan juga berikan koreksi sebagai Instance Name-nya. Seleksi button tersebut lau tekan F9 dan masukkan script berikut:

1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
//ketika tekanan mouse dilepaskan setelah mouse ditekan
on (release) {
        //menghasilkan variable i=1, i=2, i=3, i=4, i=5
        for (i=1; i<6; i++) {
               //jika jawaban_user+i sama dengan jawaban_asli+i
               if (_root["jawaban_user"+i] == _root["jawaban_asli"+i]) {
                       //nilai ditambah 1
                       nilai += 1;
                       //tanda+i pindah ke frame 2
                       _root["tanda"+i].gotoAndStop(2);
               } else {
                       //tanda+i pindah ke frame 3
                       _root["tanda"+i].gotoAndStop(3);
               }
        }
        //tombol koreksi tidak bisa ditekan
        koreksi.enabled = false;
        //tombol koreksi lebih transparan
        koreksi._alpha = 40;
}
14. Buatlah sebuah button dengan tulisan reset dibagian dalam tombol. Seleksi button tersebut lau tekan F9 dan masukkan script berikut:
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
//ketika tekanan mouse dilepaskan setelah mouse ditekan
on (release) {
        //tombol koreksi dapat ditekan
        koreksi.enabled = true;
        //warna tombol koreksi tidak transparan
        koreksi._alpha = 100;
        //nilai diubah menjadi 0
        nilai = 0;
        //menghasilkan variable i=1, i=2, i=3, i=4, i=5
        for (i=1; i<6; i++) {
               //jawaban_user+i dikosongkan
               _root["jawaban_user"+i] = "";
               //tanda+i pindah ke frame 1
               _root["tanda"+i].gotoAndStop(1);
        }
}

15. Klik frame 1 lalu tekan F9 dan masukan script berikut :

1
2
3
4
5
6
7
8
//daftar jawaban sebenarnya
jawaban_asli1 = "warung";
jawaban_asli2 = "zebra";
jawaban_asli3 = "keyboard";
jawaban_asli4 = "merah";
jawaban_asli5 = "mata";
//nilai pertama kali sama dengan 0
nilai = 0;

16. Atur letak objek-objek tadi seperti gambar di bawah ini :


Gambar peletakan

17. Tekan Ctrl+Enter untuk mengetesnya

Masukan jawaban berikut secara berurutan dari atas : warung, zebra, keyboard, merah, mata

Tidak ada komentar:

Posting Komentar