Salah
satu hal menyenangkan di Flash adalah kita dapat membuat kuis. Dimana kita
dapat membuat pertanyaan beserta jawabannya sesuai keinginan kita. Kuis juga
sering digunakan pada pembelajaran interaktif yang berfungsi sebagai soal
latihan. Kali ini kita akan membuat kuis tentang soal essay. Tutorial di bawah
ini adalah tutorial yang masih dalam bentuk sederhana.
Membuat Pertanyaan dan
kotak jawaban
1. Buatlah 5 daftar pertanyaan dan
tulis masing-masing pertanyaan pada sebuah Static Text
2.
Buatlah 5 buah Input Text dengan masing-masing Var diberi jawaban_user1,
jawaban_user2, jawaban_user3, jawaban_user4, jawaban_user5 pada panel
properties (tekan Ctrl+F3 unruk memunculkannya).
3. Dan juga ubah nilai Maximum
characters pada masing-masing Input Text menjadi 12
Gambar letak Var dan Maximum characters
4. Pastikan anda tidak menyeleksi
objek di stage lalu tekan Ctrl+F8, berikan benar_salah pada Name dan pilih
Movie clip sebagai Typenya lalu tekan OK.
5.
Anda akan masuk kedalam stage Movie clip benar_salah. Seleksi Frame 2 dan 3
lalu tekan F7. Klik Frame 1 dan tekan F9, berikan script dibawah ini pada kotak
dialog yang muncul. Lakukan hal yang sama pada frame 2 dan 3
1
|
stop();
|
6. Klik Frame 2 gambarlah tanda
centang di dalamnya
7. Klik Frame 3 gambarlah tanda
silang didalamnya. Jika sudah tekan Ctrl+E maka anda akan kembali ke Stage
Scene 1
8. Buka panel Library dengan menekan
F11, drag Movie clip benar_salah ke stage.
9.
Klik Movie clip benar_salah yang sudah berada di stage lalu tekan Ctrl+D
sebanyak 4 kali maka Movie clip benar_salah akan menjadi 5 buah.
10.
Berikan tanda1, tanda2, tanda3, tanda4, tanda5 pada masing-masing Instance Name
Movie clip benar_salah.
Membuat nilai serta
tombol koreksi dan reset
11. Buatlah 3 buah Static Text dan
beri tulisan Nilai: , / , 5
12. Buatlah sebuah Dynamic Text dan
beri Var : nilai
13.
Buatlah sebuah button dengan tulisan koreksi di bagian dalam tombol. Dan juga
berikan koreksi sebagai Instance Name-nya. Seleksi button tersebut lau tekan F9
dan masukkan script berikut:
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
|
//ketika tekanan mouse dilepaskan setelah mouse
ditekan
on (release) {
//menghasilkan variable i=1, i=2, i=3, i=4, i=5
for (i=1; i<6; i++) {
//jika jawaban_user+i sama dengan jawaban_asli+i
if (_root["jawaban_user"+i]
== _root["jawaban_asli"+i])
{
//nilai ditambah 1
nilai
+= 1;
//tanda+i pindah ke frame 2
_root["tanda"+i].gotoAndStop(2);
} else {
//tanda+i pindah ke frame 3
_root["tanda"+i].gotoAndStop(3);
}
}
//tombol koreksi tidak bisa ditekan
koreksi.enabled = false;
//tombol koreksi lebih transparan
koreksi._alpha = 40;
}
|
14.
Buatlah sebuah button dengan tulisan reset dibagian dalam tombol. Seleksi
button tersebut lau tekan F9 dan masukkan script berikut:
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
|
//ketika tekanan mouse dilepaskan setelah mouse
ditekan
on (release) {
//tombol koreksi dapat ditekan
koreksi.enabled = true;
//warna tombol koreksi tidak transparan
koreksi._alpha = 100;
//nilai diubah menjadi 0
nilai = 0;
//menghasilkan variable i=1, i=2, i=3, i=4, i=5
for (i=1; i<6; i++) {
//jawaban_user+i dikosongkan
_root["jawaban_user"+i]
= "";
//tanda+i pindah ke frame 1
_root["tanda"+i].gotoAndStop(1);
}
}
|
15. Klik frame 1 lalu tekan F9 dan masukan
script berikut :
1
2
3
4
5
6
7
8
|
//daftar jawaban sebenarnya
jawaban_asli1 = "warung";
jawaban_asli2 = "zebra";
jawaban_asli3 = "keyboard";
jawaban_asli4 = "merah";
jawaban_asli5 = "mata";
//nilai pertama kali sama dengan 0
nilai = 0;
|
16. Atur letak objek-objek tadi
seperti gambar di bawah ini :
Gambar peletakan
17. Tekan Ctrl+Enter untuk
mengetesnya
Masukan jawaban berikut secara berurutan dari atas : warung,
zebra, keyboard, merah, mata
Tidak ada komentar:
Posting Komentar