Berikut ini
kita akan membuat sebuah game pukul tikus. Dimana akan muncul sebuah tikus
secara acak pada enam buah lubang yang ada. Klik kepala tikus tersebut untuk
memukulnya dan score pun akan bertambah. Game yang dibuat kali ini masih berupa
prototype jadi gambar-gambar yang dibuat masih terkesan sederhana. Anda dapat
berkreasi melalui tutorial ini dengan menmbahkan script atau mengganti
gambar-gambarnya sehingga menjadi game yang sempurna.
1. Buatlah
sebuah flash
document.
2. Buatlah
sebuah objek seperti gambar di bawah ini :
3. Buatlah
sebuah lingkaran berbentuk oval seperti gambar di
bawah ini :
4. Seleksi lingkaran berbentuk oval tersebut dan tekan
F8. Pada panel yang muncul masukkan lingkaran sebagai name dan movie clip
sebagai type serta pastikan titik registrationnya berada di tengah-tengah lalu
tekan ok.
5. Seleksi
movie clip lingkaran di stage dan tekan Ctrl+D sebanyak 5 kali.
6. Seleksi
salah satu movie clip lingkaran dan tekan Ctrl+F3. Pada panel properties yang
muncul masukkan lingkaran1 sebagai instance name. Lakukan hal yang sama pada
movie clip lingkaran lainya dengan masing-masing instance name lingkaran2,
lingkaran3, lingkaran4, lingkaran5, lingkaran6
7. Buatlah
sebuah static text bertuliskan Jumlah Terpukul.
8. Buatlah
sebuah dynamic text dan pada panel propertiesnya
masukkan jumlah sebagai var
9. Tempatkan
seluruh objek yang dibuat tadi seperti gambar di bawah ini :
10. Buatlah
sebuah palu seperti gambar di bawah ini :
11. Seleksi
palu tersebut dan tekan F8. Pada panel yang muncul masukkan palu sebagai name
dan movie clip sebagai type lalu tekan ok. Seleksi movie clip palu di stage dan pada panel properties masukkan
palu sebagai instance name.
12.Klik
kanan movie clip palu di stage dan pilih Edit maka anda akan masuk
ke dalam stage movie clip palu.
13.
Sesuaikan letak dan rotasi palu pada frame 1 seperti gambar di
bawah ini :
14. Klik
kanan frame 2 dan pilih Insert Keyframe. Sesuaikan letak dan rotasi palu seperti gambar di bawah ini :
15. Klik
kanan frame 6 dan pilih Insert Keyframe.
16. Klik
frame 1 dan tekan F9. Pada panel actions yang muncul masukkan script berikut
:
1
|
stop();
|
17. Klik
frame 6 dan pada panel actions yang muncul masukkan script berikut
:
1
|
gotoAndStop(1);
|
19. Buatlah
sebuah kepala tikus seperti gambar di bawah ini :
20. Seleksi
kepala tikus tersebut dan tekan F8. Pada panel yang muncul masukkan tikus
sebagai name dan movie clip sebagai type serta pastikan titik registrationnya
berada di tengah-tengah lalu tekan ok.
21. Klik
kanan movie clip tikus di stage dan pilih Edit maka anda akan masuk
ke dalam stage movie clip tikus.
22. Klik
kanan frame 2 dan pilih Insert Keyframe. Ubah mata tikus di frame 2 menjadi X
sehingga berbentuk seperti gambar di bawah ini :
23. Klik
kanan frame 7 dan pilih Insert Blank Keyframe.
24. Seleksi
frame 1 dan panel actions masukkan script berikut :
1
|
stop();
|
25. Seleksi
frame 7 dan pada panel actions masukkan script berikut :
1
|
stop();
|
26. Tekan
Ctrl+E untuk kembali ke stage scene 1. Hapus movie clip tikus
dari stage kemudian tekan Ctrl+L. Pada panel
library yang muncul, klik kanan movie clip tikus dan pilih Linkage.
27. Pada
panel yang muncul berikan tanda contreng/centang pada Export for ActionScipt
dan masukkan tikus sebagai identifier alalu tekan ok.
28. Klik
frame 1 dan pada panel actions masukkan script berikut :
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35
36
37
38
39
40
41
42
43
44
45
46
47
48
49
50
51
52
53
54
55
56
|
//membuat variable
jumlah dengan nilai 0
jumlah = 0;
//membuat variable
waktu_muncul dengan nilai 0
waktu_muncul = 0;
//membuat fungsi
buat_tikus
function buat_tikus() {
//membuat variable nomor dengan nilainya sama dengan nilai
acak 5 ditambah 1
nomor
= random(6)+1;
//membuat variable tikus dengan memasukan movie clip
berlinkage tikus
tikus
= attachMovie("tikus", "tikus",
2, {_x:_root["lingkaran"+nomor]._x, _y:_root["lingkaran"+nomor]._y});
tikus.onEnterFrame = function() {
//variable waktu_muncul ditambah 1 secara terus-menerus
waktu_muncul++;
//jika variable waktu_muncul bernilai 12
if (waktu_muncul
== 12) {
//mainkan frame 7 movie clip tikus
this.gotoAndStop(7);
}
//jika variable waktu_muncul bernilai 25
if (waktu_muncul
== 25) {
//hapus movie clip tikus dari stage
removeMovieClip(this);
buat_tikus();
//ubah nilai variable waktu muncul menjadi 0
waktu_muncul
= 0;
}
//ketika movie clip mouse ditekan
tikus.onPress = function() {
//jika movie clip tikus berada di frame 1
if (this._currentframe
== 1) {
//variable jumlah ditambah 1
jumlah
+= 1;
//mainkan frame 2 movie clip tikus
this.gotoAndPlay(2);
}
};
};
}
onEnterFrame = function
() {
//movie clip palu berada di posisi paling atas
palu.swapDepths(_root.getNextHighestDepth());
//posisi x movie clip palu sama dengan posisi x kursor
mouse
palu._x = _xmouse;
//posisi y movie clip palu sama dengan posisi y kursor
mouse
palu._y = _ymouse;
};
//ketika mouse ditekan
onMouseDown = function
() {
//jika movie clip palu berada di frame 1
if (palu._currentframe == 1) {
//mainkan frame 2 movie clip palu
palu.gotoAndPlay(2);
}
};
//jalankan fungsi
buat_tikus
buat_tikus();
|
29. Tekan
Ctrl+Enter untuk melihat hasilnya. Klik kepala tikus yang muncul untuk
memukulnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar