Game yang akan kita buat kali ini
adalah game menembak balon. Dimana akan ada balon yang bergerak dari bawah ke
atas. Gunakan gerakkan mouse untuk menggerakkan kursor dan tekan mouse sebelah
kiri untuk menembak.
1. Buatlah sebuah flash document dengan
ukuran 400×400 berwarna putih.
2. Tekan tombol Insert Layer pada timeline
sebanyak 2 kali sehingga pada timeline
terdapat 3 buah layer.
3. Ubah nama-nama layer menjadi
Label, AS, Game dengan posisi seperti gambar di bawah ini :
4. Tahan tombol Ctrl pada keyboard
kemudian tekan frame 1, 3, 8, 14 pada semua layer. Jika sudah lepaskan tombol
Ctrl lalu tekan F7 maka frame-frame yang anda seleksi tadi menjadi sebuah blank
keyframe.
5. Seleksi frame 20 pada semua layer
kemudian tekan F5
6. Klik frame 1 layer Label kemudian
tekan Ctrl+F3. Pada panel properties yang muncul masukkan load dalam kotak
frame label.
7. Klik frame 3 layer Label kemudian
pada panel properties masukkan menu dalam kotak frame label.
8. Klik frame 8 layer Label kemudian
pada panel properties masukkan game dalam kotak frame label.
9. Klik frame 14 layer Label
kemudian pada panel properties masukkan gameover dalam kotak. Sehingga pada timeline
akan tampak seperti di bawah ini :
10. Klik frame 1 layer Game. Buatlah
sebuah objek kursor seperti gambar di bawah ini :
11. Buatlah sebuah lingkaran kecil
tepat di tengah-tengah objek kursor yang baru di buat tadi sehingga akan
berbentuk seperti gambar di bawah ini :
12. Seleksi hanya lingkaran kecil
tadi lalu tekan F8. Pada panel yang muncul masukkan titik_kursor sebagai name
dan movie clip sebagai type serta pastikan titik registrationnya berada di
tengah-tengah lalu tekan ok.
13. Seleksi movie clip titik_kursor
dan objek kursor lalu tekan F8. Pada panel yang muncul masukkan kursor_mc
sebagai name dan movie clip sebagai type serta pastikan titik registrationnya
berada di tengah-tengah lalu tekan ok.
14. Seleksi movie clip kursor_mc dan
pada panel properties masukkan kursor sebagai Instance name.
15. Klik frame 3 layer Game dan
buatlah sebuah persegi dengan panjang 400 dan lebar 400. Berikan warna radial
dengan perpaduan warna #33FF99 dan #336633 pada persegi tersebut. Letakkan persegi tersebut di tengah-tengah stage.
16. buatlah sebuah static text
bertuliskan Tembak Balon. Ukuran, warna, dan jenis hurufnya sesuai keinginan
anda, kemudian letakkan di stage
bagian atas.
17. Buatlah 3 buah balon dengan
menggunakan bantuan oval tool
dan line tool. Letakkan ketiga buah balon tadi pada stage
bagian tengah.
18. Buatlah sebuah static text
dan berikan tulisan Tembak setiap balon yang muncul sebanyak mungkin
dengan cara menekan mouse sebelah kiri. Letakkan static text
tersebut pada stage
bagian bawah.
19. Buatlah sebuah static text
dengan warna putih dan berikan tulisan MAIN. Buatlah sebuah persegi panjang dengan panjang dan lebar yang sama dengan panjang dan
lebar static text
bertuliskan MAIN.
20. Seleksi static text
bertuliskan MAIN dan persegi panjang lalu tekan F8. Pada panel yang muncul masukkan main_btn
sebagai name dan button sebagai type serta pastikan titik registrationnya
berada di tengah-tengah lalu tekan ok.
21. Seleksi main_btn di stage
dan pada panel properties masukkan main_btn sebagai instance name. Klik kanan
movie clip main_btn dan tekan Edit.
22. Seleksi frame Over dan Down lalu
tekan F6. Ubah warna huruf static text
pada frame over menjadi berwarna kuning dan juga ubah warna static text
pada frame Down menjadi kuning tua. Tekan Ctrl+E untuk kembali ke stage
scene 1
23. Letakkan main_btn di stage
bagian bawah sehingga pada frame 3 layer Game akan tampak seperti gambar di
bawah ini :
24. Klik frame 8 layer Game dan
buatlah sebuah persegi dengan panjang 400 dan lebar 400. Berikan warna radial
dengan perpaduan warna #33FF99 dan #336633 pada persegi tersebut. Letakkan persegi tersebut di di tengah-tengah stage.
25. Buatlah 3 buah static text,
masing-masing bertuliskan Balon : , Waktu , :
26. Buatlah 3 buah dynamic text
dengan masing-masing Var pada panel properties adalah score , minute , second.
27. Letakkan seluruh objek di frame
8 layer Game seperti gambar di bawah ini :
28. Klik frame 14 layer Game dan
buatlah sebuah persegi dengan panjang 400
dan lebar 400. Berikan warna radial dengan perpaduan warna #33FF99 dan #336633
pada persegi tersebut.
Letakkan persegi
tersebut di tengah-tengah stage.
29. Buatlah 3 buah static text
masing-masing bertuliskan Waktu Habis , Anda menembak balon sebanyak , buah.
Buatlah sebuah dynamic text
dan pada panel properties masukkan score sebagai Var.
30. Buatlah sebuah static text
dengan warna huruf putih dan berikan tulisan MAIN LAGI. Buatlah sebuah persegi panjang dengan panjang dan lebar yang sama dengan panjang dan lebar
static text bertuliskan MAIN LAGI.
31. Seleksi static text
bertuliskan MAIN LAGI dan persegi panjang lalu tekan F8. Pada panel yang muncul masukkan
mainlagi_btn sebagai name dan button sebagai type serta pastikan titik
registrationnya berada di tengah-tengah lalu tekan ok.
32. Seleksi mainlagi_btn di stage
dan pada panel properties masukkan mainlagi_btn sebagai instance name. Klik
kanan movie clip mainlagi_btn dan tekan Edit.
33. Seleksi frame Over dan Down lalu
tekan F6. Ubah warna huruf static text
pada frame over menjadi berwarna kuning dan juga ubah warna static text
pada frame Down menjadi kuning tua. Tekan Ctrl+E untuk kembali ke stage
scene 1
34. Letakkan seluruh objek di frame
14 layer Game seperti gambar di bawah ini :
1
2
3
4
5
6
7
8
|
kursor.onEnterFrame = function() {
Mouse.hide();
startDrag(this, true);
this.swapDepths(_root.getNextHighestDepth());
};
kursor.onMouseUp = function() {
tembak = true;
};
|
1
2
3
4
|
stop();
main_btn.onRelease = function() {
gotoAndPlay("game");
};
|
|
1
2
3
4
5
|
stop();
mainlagi_btn.onRelease
= function()
{
//mainkan frame berlabel menu
gotoAndPlay("menu");
};
|
39. Klik frame 8 layer Game dan
buatlah sebuah balon seperti gambar di bawah ini. Seleksi kepala balon
tersebut dan tekan F8. Pada panel yang muncul masukkan kepala_balon sebagai
name dan movie clip sebagai type serta pastikan titik registrationnya berada di
tengah-tengah lalu tekan ok.
40. Seleksi movie clip kepala_balon
dan pada panel properties masukkan kepala_balon sebagai instance name.
42. Gambarlah sebuah garis pada
bagian bawah kepala balon sehingga akan berbentuk seperti ini :
43. Seleksi kepala balon beserta
garisnya lalu tekan F8. Pada panel yang muncul masukkan balon_mc sebagai name
dan movie clip sebagai type serta pastikan titik registrationnya berada di
tengah-tengah lalu tekan ok.
44. Hapus movie clip balon_mc
dari stage kemudian tekan Ctrl+L. Pada panel library yang muncul, klik kanan movie clip balon_mc dan pilih
Linkage. Pada panel yang muncul berikan tanda contreng/centang pada Export for
ActionScript dan masukkan balon sebagai Identifier lalu tekan ok.
45. Tekan Ctrl+Enter untuk melihat hasilnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar